Rabu, 04 November 2009

INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI UNTUK SPK BERDASARKAN DOKUMEN

Beberapa aspek yang mempengaruhi keberhasilan dokumen, diantaranya:

HARDWARE

Berkurangnya biaya dan meningkatnya kecepatan pemrosesan merupakan indicator teknologi yang jelas mengenai munculnya sistem penunjang keputusan berdasarkan dokumen. Yang memiliki kemampuan memproses sejumlah besar data yang disimpan.

Kunci keberhasilan penunjang keputusan berdasarkan dokumen adalah bahwa ia mampu memberikan peningkatan dalam teknologi penyimpanan dan standar masukan jenis data tersebut.

Beberapa teknologi yg dapat menunjang hal diatas adalah:
  • Opsion penyimpanan yang berdasarkan pada disk optis, meliputi CD ROM, WORM, Laser Disk
  • DVI (Digital Video Interactive) Menggabungkan video gerak, kerangka gambar, audio grafik, database, skema pemanggilan dan proses interaktif ke dalam CD
  • Scanner, tampilan dapat mengkopi sembarang tampilan ke PC
  • Disk magnetis
SPK berdasarkan dokumen ini harus memadukan berbagai macam teknologi penyimpanan dan pemrosesan guna pemanggilan dokumen secara lengkap dan cepat.

DATABASE ONLINE

Analisa kompetitif melalui atau dengan cara penelitian lingkungan telah menjadi elemen pokok dalam strategi organisasi sekarang ini. Salah satu cara untuk mendapatkan data lingkungan adalah dengan mencari data yang tersedia pada database eksternal (internet) secara on line

PEMANGGILAN INFORMASI

Kemajuan dalam teknologi pemanggilan informasi akan sangat memberi manfaat yang banyak terhadap aktivitas pencarian dokumen sistem penunjang keputusan. Ketidakberhasilan SPK dokumen saat ini akibat dari sulitnya pengidentifikasian dokumen yang relevan.

HYPERMEDIA

Hypermedia adalah area produk yang berkembang pesat, dimana ia merupakan teknik untuk memadukan berbagai dokumen dengan suatu cara sehingga membuatnya bisa diakses dan digunakan oleh pembuat keputusan dalam organisasi. Hypermedia ini mempunyai kemampuan untuk memotong, membubuhkan, dan menghubungkan berbagai macam dokumen sumber yang dianalisa dan dikomunikasikan oleh komputer (windows, linux, unix)

ELECTRONIC MAIL (PENGIRIMAN ELEKTRONIK)

Agar supaya dokumen bisa disebarkan dan dibagikan secara tepat waktu, maka cukup dilakukan dengan menghubungkan pembuat keputusan dengan server sentral atau menempatkannya pada jaringan electric mail. Electronic mail memberikan media untuk mengirimkan pesan mail secara rahasia melalui jaringan area lokal atau pengiriman besar dengan menggunakan jaringan akses publik

SISTEM BERDASARKAN DOKUMEN

Banyak penjual database komersial telah mulai menyediakan kemampuan untuk menyimpan dan memanggil dokumen, dan beberapa diantaranya bahkan juga memberikan kemampuan untuk menangani tampilan dan suara. Kemajuan atau menculnya teknologi sistem tersebut memungkinkan terjadinya akses aktif dan penyusunan kembali berbagai jenis dokumen. Bila dikombinasikan dengan mekanisme pemanggilan informasi yang telah maju, maka sistem berdasarkan dokumen tersebut akan menjadi dasar alat penunjang keputusan yang sangan berguna.

Aspek2 yang berpengaruh dalam berhasilnya pengembangan SPK berdasarkan dokumen ini bukanlah sepenuhnya terletak pada teknologi saja, tetapi juga pada pengetahuan mengenai cara menerapkan teknologi tersebut secara efektif agar pembuat keputusan benar2 bisa mendapatkan manfaatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar